ALLAH

ALLAH

Rabu, 03 Juli 2013

Katak VS Kodok

Game Katak Vs Kodok (Pawn Jumper) ini merupakan pengembangan dari game-game yang sudah ada yaitu checkers dan chess. Tampilan awal pada game ini sama seperti tampilan chess yang biasanya ada yaitu catur 8x8 . Tetapi game ini di rubah pada semua bidaknya menjadi pion, terdiri dari pion user yaitu berwarna “hijau” dan bergambar “katak”, pion lawan yaitu yang berwarna “coklat” dan bergambar “kodok” dan ukuran papannya adalah 9x9 yang berarti ada 36 bidak.

Pada permainan ini terdiri dari 2 tampilan atau layar, layar pertama merupakan layar pembuka saat permainan pertama kali dijalankan dan layar kedua adalah layar utama dalam permainan ini.

Pada layar pertama terdapat menu-menu sebagai berikut.
Gambar 1. Layar Pertama atau Pembuka

1. Pada saat dijalankan user akan mendengar suara pembuka dari game.
2. Terdapat 4 menu yaitu
· Menu New Game : Menu untuk memulai permainan dan membuka layar kedua.
· Menu About : Menu yang akan memunculkan windows baru yang berisi penjelasan dari alur cerita dan tata aturan dari permainan ini. Di dalam windows about ini terdapat sebuah button yang apabila diklik akan menutup window about dan kembali ke layar pertama.

Gambar 2. Window About

· Menu Help : Sebuah menu yang apabila di klik akan muncul sebuah file .txt yang berisi panduan dalam mengoperasikan permainan ini.
Gambar 3. Menu Help

· Menu Exit : Sebuah menu untuk keluar dari permainan


ALGORITMA AI

AI juga diterapkan dalam permaianan Katak vs Kodok ini. Aturan atau algoritmayang digunakan pada game ini merupakan algoritma minimax. Algoritma minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk memperkecil kemungkinan kehilangan seminimal mungkin dan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dalam menentukan pilihan. Pada permainan katak vs kodok ini kemungkinan solusinya lebih sedikit, karena pion yang kita gunakan hanya 1 jenis dan cara jalannya pun tidak terlalu banyak. Pada algoritma minimax, akan mengecek seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut.

Algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimun. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini berarti pada langkah pertama, komputer akan menganalis seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimun, dan yang paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam algoritma minimax, komputer akan menjalankan solusi yang berada di dalam tree yang menguntungkan paling banyak, apabila tidak ada maka komputer akan menjalankan tree yang diluar yang menghasilkan keuntungan maksimal.

SAAT DIMAINKAN

KELOMPOK

1. Agnes Ganisa Saraswati [50410280]
2. Andika Dwi Bhaskara [50410702]
3. M. Agus Sunaryono [54410851]

KELAS 3IA01

nb : Untuk Gamenya bisa di download disini