ALLAH

ALLAH

Minggu, 20 November 2011

Membuat Shortcut Compile dan Run Java pada software EditPlus


            Apa itu EditPlus, EditPlus adalah text editor yang dapat digunakan sebagai text editor yang dapat dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Teks editor tersebut dapat digunakan untuk membuat berbagai bahasa pemrograman yang berbasis teks. Contohnya bahasa pemrograman C, C++, Java, Cobol, dan lain sebagainya.
            Kali ini, saya akan membuat langkah-langkah dalam membuat shortcut Compile dan Run Bahasa Pemrograman Java pada software teks editor ini. Hal ini dapat mempermudah pengerjaan dalam membuat program bahasa Java, karena program bahasa Java memerlukan peng-compile-an sebelum menjalankan programnya. Berikut langkah-langkahnya :

Buka teks editor EditPlus tersebut, lalu lihat pada baris menu, pilih Tools ---> Preferences. Berikut gambarnya.


Setelah itu akan muncul form Preferences. Pada panel sebelah kiri, pilih “Tools” lalu “User Tools”. Untuk menambahkan “Shortcut Compile” pilih “Add Tool >>” lalu “Program” seperti gambar berikut.


            Yang pertama untuk “Shortcut Compile”. Isi “Menu text” dengan nama “Compile”. Pada kolom “Command” klik kotak sebelah kanan yang berisi “...” cari file “javac.exe” dimana tempat ada menginstal Java pada laptop atau komputer anda. Contohnya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin\javac.exe
Sedangkan pada kolom “Argument” klik tanda panah kebawah sebelah kanan kolomnya, pilih “File Name”. Untuk kolom “Initial directory” klik tanda panah kebawah sebelah kanan kolomnya pilih “File Directory”. Berikut gambarnya.


            Yang kedua adalah untuk “Shortcut Run”. Caranya hampir sama dengan “Compile”, klik “Add Tolol >>”, pilih “Program”, isi “Menu text” dengan nama “Run”. Pada kolom “Command” klik kotak sebelah kanan yang berisi “...” cari file “java.exe” dimana tempat ada menginstal Java pada laptop atau komputer anda. Contohnya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin\java.exe
Sedangkan pada kolom “Argument” klik tanda panah kebawah sebelah kanan kolomnya, pilih “File Name Without Extension”. Untuk kolom “Initial directory” klik tanda panah kebawah sebelah kanan kolomnya pilih “File Directory”. Berikut gambarnya.


            Kemudian klik “OK” apabila telah selesai. Lihat menu bar “Tools” maka akan terlihat dibagian bawah terdapat shortcut yang telah kita buat seperti berikut.

             Dengan begitu, kita tidak perlu lagi meng-compile dan merunning program bahasa java kita lagi melalui “cmd”, kita cukup menekan tombol kombinasi “Ctrl+1” untuk melakukan “Compile” dan tombol kombinasi ‘Ctrl+2” untuk melakukan “Run”. Sehingga kita dapat menghemat waktu dalam membuat program bahasa java yang menggunakan software teks editor yang bernama “EditPlus”. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel saya. ^_^

nb : Klik gambar untuk memperjelas

Nama  : Muhhamad Agus Sunaryono
NPM   : 54410851
Kelas   : 2IA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar