ALLAH

ALLAH

Kamis, 03 November 2011

Cara instal layer style di Adobe Photoshop CS3




            Untuk tutorial kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara menambahkan atau menginstal tipe-tipe atau macam-macam layer style tambahan untuk software Adobe Photoshop CS3. Caranya hampir sama pada tutorial saya sebelumnya, yaitu  tutorial yang berjudul “Cara instal layer style di Adobe Photoshop CS3”. Secara garis besar, Adobe Photoshop adalah sebuah software editing foto yang sangat bagus, bahkan cocok untuk tingkat profesional. Saya sendiri mungkin bisa dikategorikan sebagai pemula dalam menggunakan software tersebut.
Layers merupakan lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek, diibaratkan sebagai kanvas. Dengan adanya Layers, memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah objek tanpa mengganggu objek yang lain Anda dapat mengatur komposisi layers, corak khusus seperti adjustment layers, fill layers, dan layers style dapat diterapkan untuk memberikan efek khusus pada layers.
            Pastikan software Adobe Photoshop CS3 tersebut sudah terinstal atau terpasang dalam komputer atau laptop anda, karena jika tidak terinstal terlebih dahulu, bagaimana kita dapat menambahkan atau menginstal layer style tersebut. Anda dapat mendownload macam-macam atau tipe-tipe layer style nya secara gratis di http://brushesdownload.com/styles.asp. File layer style tersebut ber-ekstension (.asl), contohnya adalah SC_PolkaDots.asl


            Berikut cara menginstal layer style pada Adobe Photoshop CS3 :
  1. Siapkan layer style yang akan kita instal atau kita pasang.
  2. Setelah itu, buka dimana tempat anda menginstal Adobe Photoshop CS3 tersebut, defaultnya di “C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CS3
  3. Buka folder yang bernama “Presets”, kemudian buka folder “Styles”.
  4. Disana akan terlihat kumpulan file layer style bawaan dari Adobe Photoshop CS3.
  5. Copy file layer style hasil kita download ke dalam folder “Styles” tersebut.

Berikut cara menggunakan layer style tambahan yang telah kita instal :
  1. Klik kanan mouse pada layer yang akan diberikan efek.
  2. Pilih Blending Option.


  1. Pilih tabulasi “Style” yang ada dipilihan paling atas, klik tanda panah ke kanan di posisi sebelah kanan atas, lalu pilih layer style apa yang akan kita gunakan. Berikut gambarnya.


  1. Setelah kita pilih tipe layer style yang kita ingin gunakan, akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut.

  1. Pilih “OK” untuk “hanya menggunakan layer style tersebut pada panel layer style yang siap digunakan”, atau pilih “Append” untuk menambahkan layer style yang kita pilih pada panel layer style yang telah siap digunakan sebelumnya”.
  2. Kemudian pilih layer style pada berbagai pilihan stylesnya, lalu ok. Berikut gambarnya.

            Cukup mudah bukan, dengan menambahkan beberapa layer style tersebut, kita dapat lebih berkreasi dalam adobe photoshop ini. Selain itu sebenarnya kita juga dapat mengeditnya pada panel sebelah kiri dari layer style. Semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca artikel saya. ^_^

Nama   : Muhhamad Agus Sunaryono
NPM   : 54410851
Kelas   : 2IA01


1 komentar:

  1. Kak apakah layernya hanya bisa yang gratisan? Apakah ada mungkin layer yang berbayar tapi memiliki kualitas yang bagus?

    BalasHapus