ALLAH

ALLAH

Minggu, 02 Oktober 2011

Cara menonaktifkan fitur AutoPlay pada windows 7

            Mungkin beberapa orang atau sebagian besar orang tidak mengerti apa itu AutoPlay pada windows, fitur yang disebut AutoPlay ini adalah fitur yang berfungsi untuk mendeteksi adanya suatu perangkat baru seperti kaset, flashdisk, hardisk external dll, yang disambungkan ke komputer dan akan menampilkan kotak dialog yang berisi shortcut aplikasi untuk membaca file-file yang ada didalamnya.
            Fitur ini mungkin cukup berbahaya, mengapa, karena sebagian besar para pembuat virus memanfaatkan fitur ini untuk menyebarkan virus yang mereka buat. Fitur ini memungkinkan mereka untuk dapat dengan cepat menyebarkan virus karena apabila perangkat baru yang telah terinfeksi virus dipasangkan ke komputer atau laptop, ketika kita menggunakan fitur AutoPlay, maka tanpa sengaja kita telah mengaktifkan virus tersebut ke komputer atau laptop kita. Sehingga virus tersebut langsung bekerja dan menyebar di dalam sistem operasi atau OS.
            Cara yang digunakan pada windows 7 untuk menonaktifkan fitur tersebut adalah menonaktifkan AutoPlay melalui Group Policy Editor atau yang disebut dengan “gpedit.msc”. Berikut adalah cara yang digunakan untuk menonaktifkan fitur AutoPlay tersebut :
a.       Klik Start kemudian pilih Run, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, lalu ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.


b.      Muncul jendela Group Policy Editor, lihat tree view di sisi kiri, untuk membuka settingan AutoPlay, maka klik User Configuration » Administrative Templates » Windows Components » AutoPlay Policies.
c.      Selanjutnya, pada jendela setting sebelah kanan, klik dua kali item Turn Off AutoPlay untuk membuka pengaturan AutoPlay.


d.       Pada jendela AutoPlay Properties, berikan tanda pada opsi Enabled, kemudian pada pilihan Turn off Autopaly on anda bisa memilih antara CD-ROM Drives and removable media drives atau All Drives. Jika Anda memilih opsi CD-ROM Drives and removable media drives maka fitur AutoPlay hanya dimatikan pada CD/DVD dan removable drive saja. Sedangkan jika Anda memilih opsi All Drives maka fitur autoplay pada semua drive seperti harddisk, CD/DVD dan removable drive akan dimatikan.


Dengan menonaktifkan fitur autoplay tersebut, setidaknya kita telah mengantisipasi ancaman virus yang akan menyerang komputer atau laptop kita, karena sebagian besar virus-virus yang telah menyebar di dunia ini menular lewat fitur ini dikarenakan fitur ini dapat langsung mengaktifkan virus tersebut. Contohnya melalui flashdisk atau media penyimpanan removable lainnya. Semoga bermanfaat, terima kasih. ^_^

nb : klik gambar untuk memperbesar.

Nama : Muhhamad Agus S
NPM : 54410851
Kelas : 2IA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar