ALLAH

ALLAH

Jumat, 21 Oktober 2011

Cara patch Java pada komputer atau laptop (Win 7)



Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web. (source : http://id.wikipedia.org/wiki/Java)
Saat menginstal Java di sebuah komputer atau laptop, Java tidak akan langsung menyatu dengan system komputer atau laptop tersebut. Maka diperlukan pengenalan Java terhadap komputer atau laptop kita yang mungkin bisa disebut juga dengan nama “Patch”.
Mungkin bagi pemula, tidak tahu cara membedakan Java yang sudah ter-patch dan yang belum. Berikut adalah gambar Java yang belum di patch.


 
Cara untuk memeriksa apakah Java sudah menyatu dengan system atau belum adalah buka cmd lalu ketik javac kemudian tekan enter, maka akan muncul seperti gambar diatas.
Pada artikel saya kali ini, saya akan memberikan sebuah tutorial singkat mengenai cara patch-ing Java ke system operasi kita, terutama dalam system operasi windows 7. Berikut langkah-langkahnya :
1.      Klik kanan mouse pada Computer pilih “Properties”.
2.      Kemudian lihat pilihan-pilihan yang ada di bagian kiri Tampilan Properties Computer kita, pilih lah “Advanced system settings”. Berikut gambarnya :



3.      Pada kotak dialog yang muncul, pilih “Environment variables...” yang berada di bawah tombol settings.



4.      Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :



5.      Perhatikan gambar diatas, apabila belum terdapat variable “Patch” pada kolom atas dan kolom bawah, pilih “New...”, sedangkan apabila sudah ada pilih edit. Untuk yang memilih New, isi pada kolom :
-          Variable Name : dengan Nama seperti gambar diatas.
-          Variable Value : dengan alamat anda menginstal Java tersebut, contohnya punya saya sebagai berikut : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin
Sedangkan yang sudah ada, pilih edit, lalu tambahkan pada kolom Variable Value  dengan alamat anda menginstal Java tersebut, contohnya punya saya sebagai berikut : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin
6.      Setelah itu pilih “OK”.

Cara mengecek apakah kita berhasil menge-Patch atau menyatukan Java pada system adalah sama seperti yang pertama, yaitu buka CMD, ketikkan javac, lalu enter. Apabila tampilan outnya seperti gambar dibawah ini, maka anda telah berhasil.




Dengan demikian kita telah mengepatch java ke dalam komputer atau laptop kita, sehingga java dapat lebih sempurna dalam mensupport komputer atau laptop kita. Terima kasih atas perhatiannya membaca artikel saya, semoga bermanfaat. ^_^

 nb : klik gambar untuk memperjelas.

Nama   : Muhhamad Agus S
Kelas   : 2IA01
NPM   : 54410851

Tidak ada komentar:

Posting Komentar